Inspirasi Pagi

Hadist Hari Ini

عن حَكيمِ بن حِزامٍ رضي اللَّه عنه أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قالَ : « اليدُ العُليا خَيْرُ مِنَ اليَدِ السُّفْلى ، وابْدَأ بمنْ تَعُولُ ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ ما كان عنْ ظَهْرِ غِني ، ومَنْ يَسْتعْففْ يُعفُّهُ اللَّه ، ومَنْ يَسْتغْن يُغْنِهِ اللَّه » متفقٌ عليه

Dari Sayyidina Hakim bin Hizam حِزامٍ رضي اللَّه عنه  bahawasanya Nabi صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم  bersabda yang maksudnya : "Tangan yang bahagian atas - yang memberi - adalah lebih mulia daripada tangan yang bahagian bawah -yang diberi. Dan dahulukanlah dalam pemberian itu kepada orang-orang yang menjadi tanggunganmu - yakni yang wajib dinafkahi. Sebaik-baik sedekah ialah yang diberikan di luar keperluan - yakni keadaan diri sendiri dan keluarga sudah dicukupi. Barangsiapa yang enggan meminta, maka Allah akan memberikan kecukupan padanya dan barangsiapa tidak memerlukan pemberian manusia, maka Allah akan memberikan kekayaan padanya."(Muttafaq 'alaih)

ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH
Himpunan Alumni Abuya Almaliki
081938577305 / 082332829785

🌹# *HIKMAH PAGI*🌸

Dari shahabat Ibnu Umar radhiyallahu’anhu, bahwa beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

يَا مَعْشَرَ مَنْ آمَنَ بِلِسَانَهِ وَلَمْ يَفْضِ الإِيْمَانُ إِلَى قَلْبِهِ لاَ تُؤْذُوا المُسْلِمِيْنَ وَلاَ تُعَيِّرُوا وَلاَ تَتَّبِعُوا عَوْرَاتِهِمْ فَإِنَّهُ مَنْ يَتَّبِعْ عَوْرَةَ أَخِيْهِ الْمُسْلِمِ تَتَّبَعَ اللهُ عَوْرَتَهُ وَمَنْ يَتَّبَعِ اللهُ يَفْضَحْهُ لَهُ وَلَو في جَوْفِ رَحْلِهِ

Artinya:“Wahai sekalian orang yang beriman dengan lisannya yang belum sampai ke dalam hatinya, janganlah kalian mengganggu kaum muslimin, janganlah kalian menjelek-jelekkannya, janganlah kalian mencari-cari aibnya. Barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim niscaya Allah akan mencari aibnya. Barang siapa yang Allah mencari aibnya niscaya Allah akan menyingkapnya walaupun di dalam rumahnya.” (H.R. At Tirmidzi dan lainnya)

💦# *EmbunPagi*
Lidah tak bertulang… apa yang sudah keluar, ibarat peluru pistol yang melesat cepat, tidak mungkin bisa ditangkap. Jika tidak sabar menahannya, bisa menjadi senjata makan tuan.

🕋📖# *Ayat Kita Hari Ini*

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

"Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia melakukan dengkinya"

📖Surat Al-Falaq Ayat 5

Doa Hari Ini

لاَإِلَهَ إِلاَّ الله مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah dan  Nabi Muhammad  adalah utusan Allah, semoga Allah swt mencurahkan sholawat dan salam kepadanya.”

Kutipan dari kitab SYAWARIQUL ANWAR Karangan Almagfur lahu ABUYA ASSAYYID MUHAMMAD ALAWI ALMALIKI ALHASANI

Hai'ah ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH
Himpunan Alumni Abuya Almaliki
081938577305

Inspirasi Pagi :

Bila bersahabat karena *kelebihan* yang dimiliki sahabat kita

Pada saatnya siap-siaplah kita akan kecewa dengan  *kekurangannya*

Bila kita bersahabat karena *keindahan* yang dimiliki....

Pada saatnya siap-siaplah kita akan kecewa dengan *keburukannya*

“Bersahabatlah karena Allah, niscaya kita akan menyadari bahwa ; sahabat itu manusia biasa yang tidak memiliki  *kesempurnaan*” (Imam Ghazali)

Tetap Semangat.
————-
*HJS*

🌻# *INSPIRASI PAGI*💥
Teruslah berbagi ilmu ...walau tak dapat satu tanggapan sekalipun ...lakukan karena Alloh...karena ini ladang amal yg tak pernah kering...pahalanya akan kita dapati nanti di akhirat...insyaAlloh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inspirasi Sore

Renungan malam

Renungan jelang Isya