Inspirasi Siang

📃NASEHAT HABIB ALI AL JUFRI UNTUK PARA REMAJA .
🔷
Sebesar apapun dosamu terhadap Allah, jangan sekali-kali berputus asa kepada Nya. Allah tidak akan berpaling darimu selama engkau tidak berpaling dari Nya. Teruslah kembali kepada Nya, sekalipun sudah berpuluh-puluh kali nafsumu mengalahkanmu.
🔷
Jika nafsu dan setan tidak pernah berputus asa untuk memasukkanmu ke dalam neraka, bagaimana engkau selaku pemegang kendali dirimu sendiri bisa berputus asa untuk memasukkan dirimu ke dalam surga
🔷
📷Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri
آداب الولد مع أبيْهِ
Adap seorang anak laki - laki  terhadap ayahnya ..

1. أَيُّهَاالْوَلَدُ الْمَحْبُوبُ: يَلْزَمُكَ أَنْ تَتَأَدَّبَ مَعَ أَبِيْكَ كَمَا تَتَأَدَّبَ مَعَ أُمِّكَ، وَأَنْ تَمْتَثِلَ أَوَامِرَهُ، وَتَسْمَعَ نَصَائِحَهُ لِأَنَّهُ لَايَأْمُرُكَ إِلَّابِشَيْءٍ يَنْفَعُكَ، وَلَا يَنْهَاكَ إِلَّا عَنْ شَيْءٍ يَضُرُّكَ.
2. وَأَنْ تَطْلُبَ دَائِمًا رِضَاهُ: بِأَنْ تُحَاِفظَ عَلَى كُتُبِكَ وَمَلَابِسِكَ، وَجَمِيْعِ أَدَوَاتِكَ، وَتُرَتِّبَهَافِي مَوْضِعِهَا، وَلَا تُضَيِّعَ شَيْئًامِنْهَا، وَأَنْ تَجْتَهِدَ فِي مُطَالَعَةِ دُرُوْسِكَ، وَتَعْمَلَ فِي الْمَنْزِلِ وَخَارِجِهِ، كُلَّ شَيْءٍ يُفَرِّحُ قَلْبَهُ، وَأَنْ لَا تُكَلِّفَ أَبَاكَ أَنْ يَشْتَرِيَ لَكَ شَيْئًا مِنَ الْأَشْيَاءِ، وَلَا تُؤْذِيَ أَحَدًا مِنْ إِخْوَانِكَ وَأَخْوَاتِكَ.
.3 فَإِذَا أَرْضَيْتَ وَالِدَيْكَ، رَضِيَ عَنْكَ رَبُّكَ، فَعِشْتَ سَعِيْدًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

● Wahai anak yang tercinta, wajib atas mu beradab kepada ayamu sebagaimana engkau beradab kepada ibumu, kau kerjakan perintah-perintahnya (ayah), kau dengarkan nasihat-nasihatnya, karena sesungguhnya ayah mu itu tidak akan memerintahkanmu melainkan sesuatu itu pasti bermanfaat bagimu dan tidaklah ia akan melarangmu kecuali terhadap sesuatu yang membahayakanmu.

● wajib pula bagimu untuk  selalu meminta ridhonya, dengan cara engkau menjaga kitab-kitab dan pakaianmu, serta seluruh peralatan-peralatanmu, engkau rapikan barang-barang itu ditempatnya, janganlah menyia-nyiakan sedikitpun dari barang-barang itu. Dan juga engkau harus bersungguh-sungguh didalam mutola’ah pelajaranmu, kau kerjakan dirumah dan diluar rumah segala hal yang dapat menyenangkan hatinya. Dan jangan sampai kau membebani ayahmu untuk membelikan sesuatu dari segala sesuatu (maksudnya : barang ini dan itu), dan jangan engaku menyakiti seorang pun dari saudara-saudaranya yang laki-laki maupun saudara2nya yang perempuan.

● apabila kedua orang tuamu ridho terhadapmu, niscaya Tuhanmu pun akan ridho terhadapmu, maka kau akan hidup dalam keadaan bahagia didunia dan diakhirat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inspirasi Sore

Renungan malam

Renungan jelang Isya